Engine Brake Pada Mobil Matic

Engine Brake Pada Mobil MaticSahabat Otomotif Bandung, Teknik mengurangi kecepatan kendaraan dengan mesin (engine brake) umumnya hanya bisa dilakukan di mobil bertransmisi manual. Tapi detikers tahu tidak, sebetulnya engine brake juga bisa dilakukan di mobil bertransmisi matic lho.

Engine Brake Pada Mobil Matic

Pada mobil bertransmisi manual, teknik engine brake dilakukan dengan cara menurunkan gigi tinggi langsung ke gigi rendah. Lalu bagaimana dengan mobil yang bertransmisi otomatis?

Seperti dilansir dari laman suzuki.co.id, cara yang tepat melakukan engine brake di mobil matic adalah dengan memindahkan posisi transmisi dari D ke 2. Dengan cara tersebut, kecepatan mobil akan langsung berkurang tanpa harus mengerem.

Baca Juga : Kiat Agar Aman Berkendara Di Malam Hari

Sayangnya, banyak pemilik yang belum tahu atau sebenarnya sudah tahu, tapi takut mobilnya rusak. Padahal, engine brake jika dilakukan secara benar tidak akan menimbulkan kerusakan di mesin mobil.

Hal penting yang harus diingat adalah lakukanlah penurunan gigi secara bertahap, jangan langsung loncat ke level transmisi paling rendah. Jika pada mobil bertransmisi matic, urutannya dari level D, turun ke level 2 baru ke Low (L).

Sumber : DetikOto

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *