Kiat Agar Aman Berkendara di Malam Hari

Kiat Agar Aman Berkendara di Malam HariSahabat Otomotif Bandung, Berkendara di malam hari kerap menjadi persoalan karena minimnya sinar atau cahaya yang menerangi jalan dan sekitarnya. Apalagi bila kondisi fisik pengendara kurang fit alias kelelahan. Tentu saja hal ini perlu dihindari. Hal buruk seperti kecelakaan bisa jadi menimpa Anda.

Bagaimana bila terpaksa melakukan perjalanan di malam hari? Berikut tips yang diberikan Nissan dalam keterangan resminya :

Kiat Agar Aman Berkendara di Malam Hari

Bersihkan kaca jendela

Ketika sedang berkendara pada malam hari, pastikan kaca jendela mobil tetap bersih sehingga dapat memudahkan jarak pandang pada mata. Kotoran dan embun akan sangat mengganggu pandangan. Pastikan windshield cleaner di mobil selalu terisi sehingga Anda dapat membersihkan kaca mobil setiap saat.

Periksa lampu utama

Di malam hari, lampu utama mobil sangat membantu ketika sedang berpergian. Pastikan keadaan lampu utama mobil berfungsi dengan baik. Keadaan lampu utama yang redup berdampak sangat buruk terhadap penglihatan dan membutakan pengendara lain. Ketika berkendara, pastikan pula cahaya lampu dari dalam mobil lebih redup sehingga tidak mengganggu penglihatan.

Baca Juga : Mengecek Kondisi Rem Mobil, Setelah Lintasi Genangan Air

Dengan menggunakan lampu utama, pastikan juga Anda tidak membuat pengendara lain silau ketika berpapasan dengan mobil Anda. Selain berbahaya bagi pengendara lain, ini juga dapat membahayakan keselamatan diri. Tips lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyalakan lampu mobil di waktu senja. Meskipun masih cukup terang, dengan menyalakan lampu lebih dulu, Anda dapat membantu pengendara lain untuk lebih waspada.

Perhatikan sekitar dan waspada

Cara terbaik menghindari kecelakan di malam hari adalah dengan memperhatikan cahaya dan pergerakan yang terjadi di sekitar. Lihat pada kaca mobil Anda. Jaga juga mata Anda agar tetap waspada. Siapa saja entah itu manusia atau hewan bisa melintas kapan saja, dimana saja. Juga kalau barang atau benda-benda yang tidak jelas berada di jalanan. Penting juga agar Anda memperhatikan lampu kendaraan lain.

Jaga jarak aman kendaraan

Menjaga jarak aman selalu menjadi standar yang harus dijalankan pengendara. Apalagi saat mengendara di malam hari. Hindari posisi terlalu dekat dengan kendaraan lain. Ini bisa berbahaya. Jarak aman ini juga untuk menjaga agar mata bisa mendeteksi objek yang ada di sekitar kita.

Sumber : OkeZone

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *