Tips and Tricks Menghentikan Mobil di Tanjakan

Tips and Tricks Menghentikan Mobil di TanjakanSahabat Otomotif Bandung, sebuah tanjakan untuk pengemudi pemula memang menegangkan, apalagi jika mobil sering mogok atau berhenti di jalan. Mengemudi mobil di tanjakan sebenarnya cukup mudah, tinggal sesuaikan tanjakan yang akan dilalui dengan persneling (gigi/ transmisi mobil). Jika jalan menanjak dengan landai makai gigi 3 cukup. Dan jika menanjak cukup panjang dan lebih tajam maka gunakan gigi 1.

Permasalahan kadang-kadang muncul kita kita melewati jalan menanjak yang cukup panjang dan jalur lalu lintas cukup padat (merayap). Sedikit kesalahan saat meghentikan mobil ketika merayap bisa berakibat mundurnya mobil dan menabrak mobil di belakang.

Berikut ini cara berhenti ketika di anjakan macet dan cara berjalan ketika macet sudah berkurang seperti dikutip dari keterangan resmi Humas Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta :

Tips and Tricks Menghentikan Mobil di Tanjakan

1. Berhenti dengan setengah kopling.

Cara ini dilakukan menekan pedal kopling dan menahan pedal gas sampai mobil tidak melaju (berhenti), dan untuk menjalankan mobil cukup lepas pedal kopling sampai mobil berjalan kembali.

Berhenti dengan setengah kopling ini hanya bisa dilakukan untuk durasi yang cukup pendek (tidak lebih dari 5 detik), untuk waktu yang lebih lama bisa menggunakan rem kaki.

2. Berhenti dengan menginjak rem kaki dan kopling

Saat mobil berjalan dengan gigi 1 dan pengemudi ingin menghentikan laju mobil maka biarkan mobil pada gigi 1 kemudian injak pedal kopling untuk melepas gas dan gunakan rem kaki untuk menahan agar mobil tidak mundur (tahan dengan rem kaki). Untuk menjalankan kembali mobil, cukup dengan melepas injakan pada rem kaki secara perlahan dan lepas injakan kopling secara perlahan sehingga mobil berjalan.

Cara kedua ini cocok untuk tanjakan yang tidak curam. Untuk tanjakan yang curam maka pecinta otomotif bisa menggunakan rem tangan.

Baca Juga : Batas Aman Mobil Matic Terabas Banjir

3. Berhenti dengan menggunakan rem tangan.

Cara ini cukup praktis yakni saat ingin berhenti pengemudi tinggal menarik tuas rem tangan, kemudian memindahkan gigi ke posisi N (netral). Jika ingin menjalankan kembali mobil maka masukkan transmisi ke gigi 1 kemudian injak pedal gas sampai mobil sedikit bergetar atau maju kemudian lepas rem tangan pelan-pelan.

Ketiga cara berhenti saat di tanjakan ini bisa dilakukan dengan cara berlatih terlebih dahulu di lapangan atau tempat yang sedikit menanjak dengan syarat sepi dari kendaraan lain.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *