Mesin Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup? Ini Penyebab Serta Solusinya

Mesin Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup? Ini Penyebab Serta Solusinya. Overheat atau mesin mobil yang cepat panas  merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil dan sebabnya pun beraneka ragam. Ternyata AC mobil yang menyala pun bisa menjadi salah satu penyebabnya. Kira-kira apa hubungannya dan bagaimana cara untuk mengatasinya, ya?

Penyebab Naiknya Suhu Mobil dengan Cepat

Pada dasarnya saat AC menyala, beban kerja mesin mobil pun mengalami peningkatan. Agar mesin bisa terus memberikan tenaga, pembakaran bahan bakar pun terus dilakukan. Hal ini kemudian menyebabkan suhu di ruang mesin pun menjadi cepat naik.

Untungnya, tiap mobil sudah dilengkapi dengan sistem pendingin khusus untuk mejaga suhu di ruang mesin. Nah, apabila suhu mesin terus-menerus naik dengan cepat, itu berarti ada masalah yang terjadi. Beberapa penyebabnya antara lain adalah:

1. Masalah pada Kompresor

Kompresor-AC--Mobil

Kompresor memegang peranan penting dalam sistem kerja AC mobil. Saat AC dinyalakan, maka kompresor yang letaknya berada di ruang mesin pun ikut berjalan. Mesin ini pun kemudian menghasilkan panas yang memengaruhi naik suhu.

Bila jenis kompresor yang digunakan tepat dengan spesfikasi jenis mobil, tentu tidak akan ada masalah yang terjadi. Namun apabila kompresor telah diganti atau dimodifikasi, maka beban kerjanya akan semakin berat dan panas yang dihasilkan pun dapat meningkat.

Pastikan kompresor bekerja dengan normal dan sesuai dengan spesifikasi jenis mobil.

Baca Juga: Gejala Dan Tanda-Tanda Transmisi Matic Mobil Bermasalah

2. Extra Fan Kurang Baik

Extra-Fan-AC-mobil

Suhu panas pada mesin dapat sedikit terkontrol karena adanya pertukaran suhu dari dalam ke luar dan sebaliknya. Proses ini dapat berjalan lebih cepat berkat kehadiran kipas tambahan mobil atau sering disebut sebagai extra fan.

Dengan kata lain, extra fan berfungsi untuk menjaga suhu mesin yang panas. Bila extra fan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka hembusan angin malah akan membuat suhu mesin menjadi lebih panas. Hal ini tentu malah akan memperburuk keadaan.

Perlu Anda ketahui, freon pada AC mobil sendiri mengeluarkan panas yang dapat memengaruhi suhu mesin. Panas yang dihasilkannya pun harus disirkulasikan agar kondisi di dalam ruang mesin tetap terjaga.

3. Kisi-Kisi Radiator Kotor

Kisi-Kisi Radiator-AC-mobil

Saat extra fan tidak menjalankan tugasnya, memang masih ada radiator yang dapat membantu menurunkan suhu pada mesin mobil. Namun bila kisi-kisi radiator serta kondesor mobil dalam keadaan kotor seperti akibat debu yang menumpuk atau tertutup lumpur, maka keluar masuk udara pun jadi terhambat. Suhu pada mesin mobil pun jadi makin cepat meningkat.

Baca Juga: 5 Komponen Mesin Dan Jenis Perbaikan Mobil Paling Mahal

Solusi Mencegah Suhu Mobil Naik Akibat AC yang Menyala

Saat Anda mendapati kondisi suhu mobil yang makin cepat panas, segera lakukan pemeriksaan. Bila Anda menemukan beberapa masalah seperti yang telah dijabarkan di atas, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan yang sesuai seperti berikut ini:

  1. Jaga volume air radiator dalam keadaan penuh dan pastikan pula radiator tidak mengalami kebocoran.
  2. Kerusakan pada extra fan bisa disebabkan oleh kerusakan pada relay, sistem kabel, atau mungkin karena carbon brush yang habis. Pastikan kondisinya pada montir kepercayaan dan lakukan penggantian jika dibutuhkan.
  3. Lakukan proses pembersihan pada kisi-kisi kondesor dan radiator dengan menyeluruh agar kotoran tidak sampai menutupi jalur masuk dan keluarnya udara.

Itulah beberapa sebab dan solusi untuk AC yang menyebabkan mesin mobil Anda overheat.

Ref: OtoSpector

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Mobil anda ada keluhan atau masalah?

Konsultasikan permasalahan pada kami!

BENGKEL MOBIL 24 JAM BANDUNG

bengkel mekanik-mobil-panggilan-darurat-bandung-2

klik-disini-bengkel