Lompat ke konten
Beranda ยป Standar Euro4 Membuat Harga Kendaraan Melambung

Standar Euro4 Membuat Harga Kendaraan Melambung

Standar Euro4 Membuat Harga Kendaraan Melambung

Standar Euro4 Membuat Harga Kendaraan MelambungSahabat Otomotif Bandung, UD Trucks Indonesia mengaku siap dengan regulasi standar emisi Euro4 untuk mesin diesel di Indonesia. Namun di sisi lain, peningkatan standar ini juga bakal berdampak dengan kenaikan harga jual kendaraan.

Standar Euro4 Membuat Harga Kendaraan Melambung

“Sesuai regulasi, itu kan April 2021. Kami pun ready, karena basic engine kami itu sudah Euro3, bukan Euro2. Kalau dari Euro3 ke Euro4 itu cuma butuh satu step saja, bahkan menjadi Euro V,” ujar Marketing dan After Sales Service Director PT UD Astra Motor Indonesia Aloysius Chrisnoadhi di BSD, Tangerang Selatan, Rabu (26/2/2020).

Chris menambahkan peningkatan standar emisi ini juga akan berdampak dengan kenaikan harga jual kendaraan. Meski begitu, dirinya tengah mempersiapkan langkah strategis agar harganya tidak naik terlalu tinggi.

“Mestinya harga akan naik mengikuti standar euro yang lebih tinggi, mestinya implikasi terhadap harga, pasti. Cuma masing-masing punya strategi bagaimana harga itu disiasati, masing-masing ada yang langsung flush ke harga, tapi kan perusahaan tidak akan mau kehilangan market,” tutur Chris.

Baca Juga : Daftar Harga Mobil Wuling Bandung Terbaru

Regulasi emisi Euro IV melalui Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan No 20/Setjen/Kum.1/3/2017 yang sudah diterbitkan pada 10 Maret 2017, berlaku untuk mesin berbahan bakar diesel pada 2021.

Chris mengatakan untuk sesuai dengan standar euro4 perubahan paling banyak hanya terjadi pada sistem pembakaran bahan bakar.

“Sistem bahan bakar berubah paling besar. Sangat ramah lingkungan. Sedang berlangsung prosesnya dan tesnya sedang berjalan,” tutur Chris.

Sumber : Detik Oto