15 Mobil dengan Kapasitas Mesin Terbesar di Dunia

15 Mobil dengan Kapasitas Mesin Terbesar di DuniaSahabat Otomotif Bandung, Jika semakin besar mesin mobil maka semakin besar pula tenaga yang diberikan. Beberapa mobil yang pernah diproduksi ukurannya hampir melebihi setengah dimensi dari mobil secara keseluruhan.

15 Mobil dengan Kapasitas Mesin Terbesar di Dunia

Di dunia mesin-mesin ini masih ada dijual di pasaran dan dapat digunakan secara legal di jalan. Di antaranya ada pula yang hanya diperuntukkan untuk kebutuhan balap. Jika bicara tenaga tak usah lagi ragukan ketika mesin ini meraung dan menggetarkan aspal.

Berikut urutan 15 mesin terbesar dunia dari yang terkecil sampai terbesar yang ada di mobil dengan 4 roda.

1. Brutus

Mobil bermesin pesawat tidak ada yang lebih gahar dari pada Brutus. Menggunakan sasis LaFrance Amerika pra-Perang Dunia I dan mesin BMW VI berukuran 46.900 cc.

Dirancang pada tahun 1920-an, ini adalah mesin V12 pertama BMW dalam bentuk apa pun. Mesin menawarkan pilihan rasio kompresi dengan output mulai dari 600bhp. Mesin ini banyak ditemui di pesawat terbang dan kereta api di tahun 1931.

2. Packard-Bentley

Meskipun Napier-Bentley yang berkapasitas 24.000 cc telah menjadi sorotan di acara-acara mobil Vintage selama beberapa tahun, sang pemilik Chris Williams rupanya memutuskan untuk membawanya ke level yang lebih ekstrim. Pada 2010 ia menyelesaikan Mavis yang bahkan lebih mencengangkan.

Mobil ini menggunakan sasis Bentley 8-Liter 1930 dan dilengkapi dengan mesin Packard 4M-2500 V12. Mesin mobil ini memiliki kapasitas 41.800 cc dan diyakini menghasilkan 1.500 bhp. Sekedar informasi tambahan, mesin ini juga digunakan kapal torpedo yang dipakai saat perang dunia II.

3. Bluebird

Satu lagi mobil pemecah rekor kecepatan adalah Bluebird terakhir yang dikendarai oleh Sir Malcolm Campbell (1885-1948) menggunakan mesin Rolls-Royce R 37.000 cc supercharged. Mesin ini pada dasarnya dirancang untuk pesawat terbang dan kapal berkecepatan tinggi.

Dengan tenaga 2.300bhp yang dilaporkan siap dimuntahkan, Campbell mencatatkan rekor kecepatan di 437 kpj pada Februari 1933. Dua tahun berikutnya mobil ini meningkatkan catatan rekornya menjadi 444 kpj pada Maret 1935 dan akhirnya 484 kpj lima bulan setelah itu.

4. Fiat S 76

Kesukesan Blitzen Benz telah memicu Fiat untuk membuat dua unit S76 pada tahun 1910 dengan sebutan Beast of Turin. Mobil ini mengandalkan mesin 4 silinder 7.100 cc yang mana saat itu diyakini berasal dari kapal.

S76 sebenarnya cukup cepat untuk memecahkan Land Speed Record tetapi tidak pernah menyelesaikan dua putaran yang diperlukan dalam arah yang berbeda dalam satu jam. Kedua mobil itu pernah dianggap hilang, tetapi penggemar asal Inggris Duncan Pittaway telah membangun dan berkompetisi menggunakan sasis dan mesin yang lain.

5. Babs

Pangeran Louis Zborowski membangun beberapa mobil balap bermesin aero pada 1920-an, biasanya dengan nama Chitty-Bang-Bang. Dalam seri ke empat balapan mobil ini disebut Higham Special dan memiliki mesin terbesar sejauh ini, yait V12 Liberty 27.000 cc.

Setelah Zborowski tewas dalam persaingan balapan dengan Mercedes-Benz pada tahun 1924, mobil itu dibeli oleh JG Parry Thomas. Thomas mengembangkannya dan menamainya Babs. Mobil itu pun ia gunakan untuk memecahkan Land Speed Record pada kecepatan 273 kpj di tahun 1926. Malangnya Thomas tewas dalam kecelakaan saat berupaya memecahkan rekor di tahun berikutnya.

Tak berhenti di Thomas, Mobil ini kembali menelan nyawa orang dalam upaya memecahkan rekor kecepatan. Pada tahun 1928, Ray Keech mencapai 333 kpj di White Triplex dengan tiga mesin Liberty. Gairahnya untuk kecepatan akhirnya merengut nyawanya pada tahun 1929.

6. Golden Arrow

Mobil ini juga merupakan salah satu mobil pemecah rekor kecepatan darat. Golden Arrow menggunakan mesin 23.900 cc Napier Lion. Tenaga mobil ini diyakini dua kali lipat dari Sunbeam.

Mobil ini pun langsung mematahkan rekor Sunbeam dua tahun setelahnya. Tepat pada Maret 1929, Henry Segrave kembali dipercaya sebagai pengemudi dan mencatatkan rekor kecepatan darat baru pada angka 371 kpj. Keunggulan lain mobil ini adalah bentuk aerodinamisnya.

7. Sunbeam

Dikenal sebagai Mistery, mobil ini dilengkapi dengan dua mesin aero dari perusaahaan Matabele. Kapasitas mesinnya tak kurang dari 22.400 cc.

Kendati kapasitas mesin begitu besar, hasil tenaga mobil ini tak lebih dari 900bhp. Akan tetapi pada bulan Februari 1927 mobil ini memecahkan rekor kecepatan darat. Saat itu Henry Segrave (1896-1930) berada di balik kemudi dan berhasil melaju dengan kecepatan 326 kpj.

8. Blitzen Benz

Sebanyak 6 unit mobil ini diproduksi pada tahun 1909. Blitzen Benz pada tahun itu pula menjuarai balapan tersebut dengan mesin 21.500 cc.

Selama beberapa waktu Benz adalah mobil tercepat di planet ini dan memegang Land Speed Record. Meski dirancang melaju cepat di jalan lurus, nyatanya mobil ini cukup efektif saat berlaga di sirkuit.

9. Christie

John Walter Christie (1865-1944) adalah salah satu orang pertama yang mengadopsi penggerak roda depan. Sistem ini dia gunakan dalam balapan French Grand Prix tahun 1907.

Penggerak roda depan ini mendapatkan putaran dari mesin sebesar 19.900 cc. Secara tidak langsung ini juga merupakan mesin terbesar yang pernah ada di ajang Grand Prix. Sayangnya kiprah mobil ini tak begitu lama di lintasan balap. Christie hanya mampu melewati 4 putaran dalam balapan tersebut.

10. Cadillac Sixteen

Butuh waktu 90 tahun untu Cadillac melampui Pierce-Arrow Model 66 and Peerless Model 60 dalam hal kapasitas mesin. Cadillac Sixten hanya dibuat satu unit sebagai mobil konsep dengan mesin V16 13.600 cc.

Tenaga maksimum yang lahir dari mesin ini adalah 1.000bhp. Sampai sekarang, mobil yang terlihat cocok untuk para pemimpin negara ini belum masuk dalam persiapan untuk produksi masalnya.

11. Pierce-Arrow Model 66 dan Peerless Model 60

Kedua mobil ini bisa disebut cikal bakal kejayaan industri otomotif Amerika Serikat. Mobil ini diproduksi sekitar sebelum perang dunia pertama pecah.

Di balik kapnya ada sebuah mesin 13.500 cc dengan 6 silinder saja. Mesin ini begitu kuat, bahkan percepatan tranmsisi paling atasnya dapat digunakan dalam kondisi jalan bagaimanapun.

12. Weineck Cobra

Weineck merupakan perusahaan asal Jerman yang memiliki ketertarikan tersendiri membuat mesin besar. Produksi paling terkenal adalah AC Cobra dengan mesin V8 12.800 cc.

Di atas kap mobil ini ada sebuah scoop besar yang bertugas memasok udara ke mesin. Tanpa menggunakan turbo mesin ini dapat menghasilkan 1.100bhp. Mobil ini juga diklaim dapat menempuh 0-200 kpj dalam waktu 4,9 detik.

Baca juga : Jualan Online Adalah Solusi Dari Hikmah Industri Otomotif China Saat Dihantam Badai Corona

13. Bugatti Royale

Bugatti Royale hanya diproduksi satu unit per tahun dari tahun 1927 sampai tahun 1933. Mobil langka ini menyelundupkan mesin 8 silinder 12.700 cc.

Mobil ini ditargetkan menyasar konsumen yang menjadi pemimpin sebuah negara. Namun, karena harga yang luar biasa mahal pada masanya mobil ini tak dapat terbilang sukses. Meski begitu mesin mobil ini masih menjadi andalan dan digunakan untuk kereta api di akhir tahun 1950-am.

14. Dodge Viper

Produksi mobil ini baru saja dihentikan tahun 2017 lalu. Dodge Viper mengusung mesin V10 yang awalnya menggunakan mesin 8.000 cc lalu diperbesar menjadi 8.400 cc.

Meski mobil ini memiliki mesin lebih besar dari Bugatti Chiron, tenaga yang dihasilkan ternyata tak lebih besar. Dodge Viper tidak disematkan 4 turbo seperti Chiron sehingga hanya menghasilkan 645bhp.

15. Bugatti Chiron

Mobil yang dimiliki pesepakbola Cristiano Ronaldo ini masuk di urutan paling buncit mobil bermesin besar. Sebagian orang mungkin menduga ini merupakan mesin terbesar sebuah mobil dengan roda 4.

Bugatti Chiron dibekali mesin 7.993 cc quad-turbo W16. Mesin ini mampu menghempaskan tenaga sebesar 1.500hp.

Sumber : Detik Oto

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *