Orang Pertama di Indonesia yang Punya Mobil

Orang Pertama di Indonesia yang Punya Mobil Sahabat Otomotif Bandung, Bukan penjajah Belanda apalagi Jepang. Pemilik mobil pertama di Indonesia ternyata orang Indonesia asli.

Foto di atas adalah mobil pertama yang tercatat ada di Indonesia, Benz Victoria Phaeton. Pemiliknya adalah Pakubuwono X, yang dia miliki pada 1894.

Orang Pertama di Indonesia yang Punya Mobil

Benz Victoria Phaeton adalah mobil pertama yang masuk ke Indonesia. Mobil ini tiba pelabuhan Semarang hanya delapan tahun setelah Benz pertama diciptakan oleh Karl Benz, sang pencipta Mercedes-Benz.

Soesoehoenan Soerakarta Pakoe Boewono X membeli mobil tersebut dengan harga 10.000 gulden. Dikutip dari CNN, mobil terebut dibekali mesin 1-silinder, 2.000 cc, bertenaga 5 tenaga kuda, dan memiliki roda yang terbuat dari kayu. Mobil itu dipesan melalui importir Prottle & Co, yang berlokasi di Pasar Besar, Soerabaja.

Orang Pertama di Indonesia yang Punya Mobil

Ada cerita menarik dari kemunculan mobil pertama itu di Indonesia. Saat itu alat transportasi yang umum adalah kereta kuda. Namun karena mobil tersebut bisa berjalan sendiri tanpa ada kuda di depannya, kemudian muncul istilah ‘Kereta Setan’.

Mobil tersebut saat ini masih tersimpan dalam kondisi terjaga dengan baik di sebuah museum di Belanda. Semua bermula pada tahun 1927 Benz Victoria Phaeton tersebut “dipinjam” untuk dipamerkan di negeri kincir angin. Sayangnya, sampai hari ini mobil tersebut tidak pernah kembali ke Indonesia.

Baca Juga : Meloon, Miss Bangkok Yang Senang Mobil Bertenaga Besar

“Tipe mobil yang dipesan ini memiliki banyak variasi dan dibuat sesuai dengan pesanan PB X. Adalah John C Potter seorang penjual mobil alias sales pertama di Indonesia mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya dari Eropa. Hebatnya, kehadiran ini berarti hanya berselang delapan tahun setelah Karl Benz membuat mobilnya yang pertama, yang diakui sebagai mobil pertama di dunia,” ujar Roy Suryo pada detikOto beberapa waktu lalu.

Sumber : Detik Oto

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *