Spesifikasi All New Daihatsu Terios 2018

Spesifikasi All New Daihatsu Terios 2018 – Sekitar satu dasawarsa ini, Daihatsu tidak melakukan perubahan yang berarti pada Daihatsu Terios. Daihatsu cuma memberikan facelift serta adannya fitur penunjang tambahan dengan tidak merubah model bentuk sama sekali. Peluncuran generasi ke-2 mobil ini ialah pada November 2017 kemarin. Dan berikut ini Spesifikasi Daihatsu Terios 2018.

Spesifikasi All New Daihatsu Terios 2018

EKSTERIOR

Dengan konsep FT, dipastikan New Daihatsu Terios 2018 Indonesia tampil lebih gahar dan kokoh. Desainnya juga cukup eyecatching untuk mobil sekelas SUV besutan Daihatsu. Perpaduan antara bodinya yang cukup atletis dan ground clearance berukuran tinggi sehingga membuat mobil ini tampak gahar di sisi ekteriornya. Berikut desain eksterior Daihatsu Terios 2018.

Desain Bagian Depan

Hal pertama yang membuat menarik pada SUV ini ialah Grill Lamp Ornament yang bagian depannya hadir lampu berwarna biru, kemudian memperindah logo Daihatsu di Front Grill-nya. Desain tersebut tentunya tampil unik dan menjadi salah satu faktor pembeda dengan desain dari para kompetitornya. Lampu bagian depan tampil cukup garang dengan gabungan warna oranye dan putih, yang kemudian memberikan tampilan padu dengan Grill Lamp Ornament-nya. Sekilas lampu depannya tampil tajam seperti mata burung rajawali. Fitur LED disematkan pada lampu bagian depan dan foglamp-nya menjadikan penerangan di bagian depan kendaraan tampil mewah.

Desain Bagian Samping

Untuk desain samping Daihatsu Terios 2018, tampil cukup atletis. Hal tersebut terlihat dari adanya lekukan artistik menonjol ke arah samping yang terkesan kokoh bisa tersampaikan dengan baik. Ban berkonsep racing juga memberikan kesan sporty untuk bagian samping. Desain eksteriornya bisa dibilang sangat cocok bagi yang berjiwa petualang.

Desain Bagian Belakang

Beralih ke desain belakang, Daihatsu Terios 2018 tampil lebih ramping dan padat. Tailgate Spoiler disuguhkn bersama lampu berwarna merah yang memberikan kesan modern. Untuk lampu desain belakang, Daihatsu Terios 2018 dikemas padu dengan lampu bagian depannya yang mirip dengan bentuk mata rajawali. Logo Daihatsu juga memberikan ciri khas yang apik di bagian belakangnya.

INTERIOR

Setelah memaparkan mengenai desain eksteriornya, sakarang akan membahas desain interior Daihatsu Terios 2018. Dengan memiliki desain eksterior macho, tentunya pasti untuk desain interiornya juga tampil mewah dan modern. Berikut ulasannya.

Dashboard

Memiliki dashboard yang tampil elegan dan dikemas apik berwarna sesuai dengan Grill Lamp Ornament desain eksterior bagian depan mobil ini. Hal tersebut akan memberikan kesan elegan serta futuristik. Pada bagian tengahnya terdapat panel audio visual yang berukuran 7 inchi dengan didukung teknologi touchscreen. Terus, panel Head Unit juga telah dapat diintegrasikan dengan CD, DVD, Bluetooth dan port USB, menjadikan musik favorit anda bisa diputar dengan praktis. Ditambhah Multi Information Display (MID) juga dikemas apik yang bisa memberikan informasi penting terkait mobil ini baik untuk sisa bahan bakar, jarak tempuh, informasi waktu juga sisa jarak tempuh dengan bahan bakar ketika dipakai. Daihatsu Terios 2018 juga sudah mempergunakan teknologi navigasi baik di Head Unit dan MID-nya.

Setir

Setir berdesain garang dengan bentuk menggambarkan ciri khas Daihatsu. Desain setirnya dibalut rapi menggunakan material kulit dengan paduan warna hitam perak. Hal menariklainnya adalah adanya fitur pengaturan musik pada bagian kiri setir sehingga pengemudi bisa mengatur musik dengan praktis. Pada bagian kanannya terdapat juga fitur Cruise Control, yang mana pengendara bisa mengatur laju kendaraan sesuai keinginan tanpa harus menginjak gasnya. Fitur tersebut nampaknya fitur kendaraan mewah yang berteknologi mumpuni.

Kursi

Kursi New Daihatsu Terios 2018 Indonesia, tampil dengan warna putih menggunakan material kulit berkualitas. Hal tersebut pastinya akan memberikan kenyamanan dalam berkendara juga mampu memberikan kesan elegan dalam kabinnya. Untuk kapasitas penumpang, Daihatsu Terios 2018 tampil sama dengan generasi sebelumnya, yaitu menampung 7-8 orang penumpang.

Ruang Bagasi

Untuk ruang bagasi, Daihatsu Terios dapat menampung sampai 4 tas berukuran sedang. Tetapi tidak perlu khawatir dulu, bila menginginkan kapasitas ruang bagasi lebih besar, maka kursi dibaris ketiga dapat dilipat dan dapat menampung barang bawaan yang berat yang berjumlah banyak. Hal tersebut menjadi keunggulan tersendiri khususnya untuk anda yang gemar beraktifitas travel ke luar kota.

FITUR

Untuk fitur keselamatan Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe berupa bodi mobil yang telah dilengkapi dengan Side Impact Beam yang dapat mencegah bodi tidak gampang penyok ke dalam kabin disaat terjadi benturan. Fitur ini kian lengkap dengan hadirnya Dual SRS Airbags yang dilengkapi dengan seat belt with pretensioner yang memberikan perlindungan khusus untuk penumpang bagian depan dalam menghindari resiko cedera berat apabila terjadi benturan. Fitur pengereman SUV ini dilengkapi dengan ABS dan EDB yang dapat mengoptimalkan pengereman mobil ini.

Fitur Keamanan

Pada fitur keamanan New Daihatsu Terios 2018 Indonesia tampil lengkap dan inovatif. New Daihatsu Terios 2018 memberikan 3 Point Seatbelt pada keenam bangkunya. Hal ini tentu kian memberi keamanan yang mumpuni untuk penumpangnya yang berfungsi menjaga posisi duduk tetap stabil serta meminimalisir resiko cidera bila terjadi benturan keras. Fitur pengeraman terlihat mumpuni bersama teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) sehingga sensasi pengeraman lebih empuk dan handal. Untuk bagian samping, New Daihatsu Terios 2018 Indonesia juga dikemas dengan Side Impact Beam sehingga apabila tabrakan terjadi di arah samping, maka potensi kerusakan dan cidera bisa diminimalisir. Teknologi Immobilizer dan Alarm System juga sudah disematkan dalam mobil ini, sehingga kendaraan akan terhindar tindak pencurian.

Untuk fitur keamanan Daihatsu Terios 2018 X AT Deluxe berupa Immobilizer dan Alarm guna meminimalisasi adanya pencurian kendaraan. Ada juga fitur Seat Belt Warning Buzzer yang akan terus menyala serta berbunyi jika semua seat belt-nya tidak dipakai ketika mesin dihidupkan atau ketika mobil berjalan. Kehadiran rear parking camera, yang tidak ada untuk Daihatsu Terios X.

Fitur Hiburan

Hal penting lainnya yaitu fitur hiburan, New Daihatsu Terios 2018 Indonesia hadir lebih menawan dengan adanya Panoramic Roof Top pada kabin tengah, sehingga bisa melihat pemandangan alam yang indah yang khususnya pada malam hari penuh bintang atau suasana pagi yang cerah. Pada sisi lain, fitur ini juga dapat memberikan penerangan cukup dalam kabin SUV ini. Fitur kedua yaitu disematkannya panel audio visual berteknologi touchscreen yang menjadikan anda bisa memutar musik pilihan secara nyaman ketika dalam perjalanan. Fitur navigasi yang telah dihadirkan pada panel head unit dan MID, memberikan fungsi yang praktis untuk anda, khususnya saat anda berjalan di area baru yang belum diketahui. Fitur tersebut akan sangat cocok untuk anda yang mempunyai jiwa petualang atau hobi travelling keluar kota.

MESIN

Berbicara soal performa, All New Terios 2018 dilengkapi dengan mesin generasi terbaru dengan Dual VVT-i yang lebih efisien juga mudah dalam perawatannya. Mesin ini merupakan mesin 4 Silinder DOHC dengan 16 katup yang mempunyai kapasitas 1.496cc. Mengeluarkan tenaga mencapai 104 PS pada 6.000 rpm. Untuk torsinya mencapai 13.9 kg.m pada 4.200 rpm. Ada juga sistem pembakaran Electronic Fuel Injection serta sistem kemudi Rack & Pinion bersama Electric Power Steering.

Tenaga dan torsi yang dikeluarkan sama dengan All New Toyota Rush. Rupanya kedua mobil tersebut memakai basis mesin yang sama, menjadikan tenaga dan torsinya sama persis. Pada fitur keduanya juga tak beda jauh. Tetapi All New Daihatsu Terios dijual lebih murah dari All new Rush. Karena Daihatsu menyediakan berbagai tipe dengan fitur berbeda-beda. Namun harga All New Daihatsu Terios 2018 lebih murah tetap membuatnya mempunyai fitur keselamatan yang lengkap.

PERBEDAAN TIPE

Daihatsu meluncurkan All New Terios menjadi 4 varian yaitu X, X Deluxe, R dan R Deluxe. Keempatnya mempunyai beberapa persamaan, seperti dimensi tubuh lebih panjang, mesin baru 1.496 cc Dual VVT-i dan sistem keselamatan yang mumpuni. Namun untuk perbedaannya berikut ulasannya.

All New Terios X

Varian X, kelengkapannya paling sedikit dibanding varian lainnya. Untuk sisi eksterior bisa dilihat dari penggunaan grille, skid plate dan pelek warna hitam. Pada keempat rodanya berukuran 215/65-R16. Teknologi yang dipakai di bagian luar berupa sistem pencahayaan LED hemat daya.

Beralih ke interior, dashboard memakai kombinasi dua warna. AC telah digital, Multi Instrument Display (MID), jok masih kain juga bangku tiga baris. Kenyamanan kabinnya disokong dengan AC double blower, head unit layar sentuh 2 DIN yang terkoneksi DVD, USB, Aux in dan radio, speaker sampai baris kedua dan charger smartphone di baris pertama. Enam head rest tersedia, dua bagi setiap baris.

Sistem keselamatan varian X, mulai anti-lock braking system (ABS) serta electronic brake distribution (EBD) untuk mencegah roda terkunci ketika pengereman mendadak, juga dual SRS Airbag. Keamanan kendaraan, disokong lewat immobilizer dan alarm.

All New Terios X Deluxe

Semua yang ada pada varian X, untuk eksterior ditambahkan stiker bertulisan Deluxe pada bagain belakang. Knalpot dengan aksesori agar lebih gagah serta kover ban cadangan. Pada interior ada perbedaan sedikit, yakni adanya konsol box tengah.

Fitur hiburan masih lewat head unit layar sentuh 2 DIN, hanya saja konektivitasnya ditambah melalui mirroring yang memudahkan terhubung pada smartphone. Kenyamanan juga kian baik, melalui fitur parkir mundur.

All New Terios R

Varian R memiliki perbedaan sangat mencolok dari eksterior. Tampilannya elegan sebab pemakaian grille serta pelek krom. Di tambahkan juga lampu kabut dengan kover krom guna penerangan lebih baik. Bagian belakang memakai aksen krom di pintu bagasi serta adanya lampu rem pada bagian atasnya. Ukuran ban lebih besar dibanding varian X, 215/60-R17.

Interiornya dibikin dengan bermacam penambahan aksen krom, agar kesan mewah lebih terasa. Setir dibalut kulit dan jok pakai kualitas kain yang lebih baik dari varian X. Tersedia lampu untuk penerangan baris kedua juga bagasi.

Fitur kenyamanan juga ditingkatkan lewat start stop button, audio steering switch, kaca spion lipat otomatis, AC digital, speaker samapi baris ketiga dan head unit layar sentuh 2 Din dengan kamera parkir yang persis seperti varian X Deluxe. Dihadirkan juga peredam kap mesin serta sensor parkir depan.

All New Terios R Deluxe

Semua perangkat pada varian R ditambahkan aero kit depan, side stone guard ornamen serta stiker bertuliskan Deluxe. Perbedaan pada interior, semua pintu memperoleh ornamen scuff plate atau door sill. Fitur istimewa khusus varian R Deluxe, kamera parkir 360.

KESIMPULAN

Setelah bertahun tahun tetap dengan desain yang tidak diubah sama sekali. Akhirnya Daihatsu berani melangkah dalam merubah desain Daihatsu Terios 2018 supaya dapat menarik calon pembeli mobil SUV ini. Pada mesin pun disuguhkan unit baru, plus perbaikan yang signifikan untuk pengendalian serta kenyamanan. Dan untuk harganya pun lebih rendah dibandingkan dengan kompetitornya yang sama bertransmisi otomatis. Untuk mendapatkan informasi terkini seputar Otomotif di Tanah Air, silahkan kunjungi Bandung Otomotif yang selalu menghadirkan info terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *