Lompat ke konten
Beranda » Tips Penyegaran pada Mobil Setelah Mudik

Tips Penyegaran pada Mobil Setelah Mudik

Tips Penyegaran pada Mobil Setelah Mudik

Tips Penyegaran pada Mobil Setelah Mudik – Setelah melakukan perjalanan mudik, pemilik kendaraan harus menjaga performa mobil. Hal tersebut berkaitan dengan perjalanan jauh yang sudah dilakukan. Terlebih jika mobil terjebak macet selama berjam-jam dalam perjalannya.

Lantas apa saja yang harus diperiksa? Seperti yang disebutkan di situs Mitsubishi Indonesia, berikut adalah komponen mobil yang wajib diperiksa.

Tips Penyegaran pada Mobil Setelah Mudik

Tips Penyegaran pada Mobil Setelah Mudik

  •  Pelumas atau Oli

Walaupun sebelum pergi mudik telah dilakukan pergantian oli, pemilik kendaraan sebaiknya harus melakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran atau tidak. Coba lihat lewat dipstick, dan setelah itu lihat apakah bagian di sekitar mesin ada yang basah akibat rembesan oli atau tidak.

  • Filter Bahan Bakar

Khusus untuk kendaraan mesin diesel, sebaiknya periksalah juga filter bahan bakarnya. Penggunaan bahan bakar selama mudik dengan berbagai kondisi akan menjadikan filter bahan bakar ini rentan kotor. Penggantian filter dengan rutin juga meminimalisir kotoran masuk ke dalam proses pembakaran.

  • Kaki-Kaki

Berbagai kondisi jalan akan menjadikan bagian kaki kaki rentan terpengaruh dan membutuhkan pemeriksaan menyeluruh. Pemeriksaan kaki-kaki cukup mudah. Bagian shockbreaker misalnya, pemilik cukup melihat dan meraba bagian tabung. Apabila ada rembesan oli bisa jadi piranti mengalami kerusakan.

Ban juga termasuk bagian kaki-kaki. Setelah perjalanan mudik cek juga kondisi tekanan ban, serta melihat Tread Wear Indicator (TWI) berupa segitiga untuk melihat tingkat keausan ban.

  • Rem

Untuk bagian rem, cek lah ketebalan kampas rem. Karena kondisi perjalanan mudik yang beragam juga akan memaksa rem bekerja keras.

  • Bagian dalam Mobil

Selama dalam perjalanan kabin mobil tentunya seperti rumah kedua. Untuk itu pastinya banyak sisa-sisa makanan di dalam kabin, apabila dibiarkan kotoran ini akan menjadi kuman penyakit. Untuk itu sebaiknya bersihkan kabin mobil dengan menyeluruh memakai vacuum cleaner.

Itulah beberapa Tips Penyegaran pada Mobil Setelah Mudik yang wajib dilakukan bagi pemilik kendaraan agar mobil Anda terawat dan awet.