5 Alasan Pilih Honda Mobilio Bekas Dibanding Toyota Avanza

Kondisi perekonomian dan bursa otomotif yang belakangan sedikit meredup akibat pandemi, berimbas pula pada harga Honda Mobilio bekas di pasaran. Situasinya, di berbagai bursa mobil bekas seputar Jabodetabek, LMPV unggulan Honda ini harus bersaing ekstra ketat untuk merebut hati konsumen, termasuk harus menurunkan harga.

Padahal di masa lalu kita mengenal Honda Mobilio sebagai produk yang mampu menggebrak pasar di segmen LMPV. Bahkan kehadirannya membuat Toyota Avanza sebagai pemimpin pasar harus banyak berbenah.

Namun seiring banyaknya pemain baru di segmen LMPV, 5 tahun terakhir, popularitas mobil 7 seater ini terus turun. Kondisi yang juga berimbas pada mobil bekasnya. Padahal Honda Mobilio patut dilirik sebagai pilihan LMPV yang berkualitas.

Berikut beberapa 5 fakta perbandingan Honda Mobilio bekas dengan Toyota Avanza:

#1: Pesaing Pertama Toyota Avanza Yang Diperhitungkan  

5 Alasan Pilih Honda Mobilio Bekas Dibanding Toyota Avanza

Setelah lebih dari 10 tahun Avanza merajai segmen LMPV, posisinya harus terusik dengan kehadiran Mobilio, pada 2014. Antusiasme pasar kala itu tidak lepas dari nama besar Honda yang dikenal unggul utamanya dalam hal desain.

Pada semester pertama saja, Mobilio mencatat penjualan 46 ribuan unit dengan pangsa pasar 23 persen di segmen LMPV. Dari total penjualan Honda pada tahun 2014 yang berjumlah 82.674 unit, lebih dari separuh berasal dari penjualan Mobilio.

Mobilio menjadi tulang punggung baru Honda yang kala itu masih mengandalkan beberapa line up lama seperti: Freed, Jazz, dan CR-V.

#2: Dimensi Mobilio Sedikit Unggul

5 Alasan Pilih Honda Mobilio Bekas Dibanding Toyota Avanza

Dibanding Avanza, Mobilio setidaknya punya keunggulan dari sisi dimensi. Di mana Mobilio punya panjang x lebar; 4.386 mm x 1.683 mm. Sementara Avanza 4.190 mm x 1.660 mm. Sedangkan wheelbase, Mobilio tercatat 2.650 mm sedangkan Avanza 2.655 mm.

Seperti diketahui, ukuran dimensi dan kaitannya dengan wheelbase mobil akan sangat mempengaruhi kenyamanan mobil saat dikendarai. Selain itu pengaruhnya juga terasa pada kelegaan ruang kabin. Mobilio terasa unggul pada sektor ini dibanding Avanza.

#3: Fitur Mobilio Masih Terdepan

5 Alasan Pilih Honda Mobilio Bekas Dibanding Toyota Avanza

Sebagai penantang sang market leader yang sudah bercokol selama satu dekade, Mobilio harus berani menawarkan beberapa fitur canggih nan modern dibanding Avanza. Dari sinilah muncul fitur-fitur seperti Audio Steering Switch, ISOFIX, SRS AirbagKey ImmobilizerAlarm System, 3 Point Seatbelt, dll.

Meski bukan yang pertama di segmen LMPV, Mobilio jelas unggul pada beberapa fitur. Misal pada key immobilizer yang lebih menjamin keamanan mobil, karena kuncinya tidak mudah digandakan. Apalagi segmen LMPV termasuk dalam tingkat pencurian tertinggi di Indonesia.

Setelah mengalami facelift pada tahun 2017, New Honda Mobilio lagi-lagi unggul pada fitur Vehicle Stabillity Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Dua fitur ini sebelumnya hanya biasa dinikmati pada mobil-mobil yang lebih mewah, bahkan belum pernah digunakan dalam segmen LMPV.

Sementara Toyota Avanza, fitur key immobilizer baru ada sejak 2015 untuk Grand New Avanza. Sedangkan fitur sejenis VSA dan HSA, pada Avanza untuk pasar Indonesia belum ada hingga saat ini.

#4: Transmisi Matic Mobilio Sudah CVT

5 Alasan Pilih Honda Mobilio Bekas Dibanding Toyota Avanza

Sejak pertama kali diluncurkan, Mobilio sudah memiliki varian bertransmisi otomatis dan menggunakan transmisi jenis CVT.

Sebagai transmisi tercanggih hingga saat ini, CVT menawarkan kenyamanan yang lebih, karena minim hentakan saat pergantian gigi. CVT juga dikenal irit bahan bakar dan power loss-nya kecil.

Sementara Toyota Avanza, hingga produksi terbaru tahun ini masih mengandalkan transmisi matic AT konvensional. Pihak Toyota beralasan, pemilihan transmisi ini karena perawatannya lebih sederhana.

#5: Harga Honda Mobilio Bekas Saat Ini Sudah Cukup Murah

5 Alasan Pilih Honda Mobilio Bekas Dibanding Toyota Avanza

Dengan berbagai keunggulan di atas, harga Honda Mobilio bekas saat ini boleh dibilang sudah cukup murah.

Harga yang lebih stabil, terlihat dari tipe tertinggi yakni Honda Mobilio RS CVT. Harga tersebut adalah harga penawaran di daerah Jabodetabek dengan kondisi mobil baik.

Catatan: Sejak tahun 2015, Toyota memisahkan antara brand Avanza dan Veloz, namun sebenarnya masih dalam segmen yang sama. Harga Toyota Avanza Veloz 1.5 AT untuk tahun 2021 adalah Rp251 juta

Bagaimana cara mendapatkan Honda Mobilio bekas dengan kondisi terbaik?

Sebagai mobil yang sudah rilis di pasar lebih dari 5 tahun, tentu kondisi Honda Mobilio bekas di pasaran sangat beragam. Terutama jika Otofriends bermaksud untuk mencari Mobilio bertransmisi matic. Pemilihan harus dilakukan secara cermat agar tidak merugikan di masa depan.

Nah, agar tidak ada kendala, sebaiknya Otofriends memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Mobil yang lulus inspeksi Otospector akan mendapat garansi mesin dan transmisi sehingga pembeli akan lebih tenang dalam pemakaian sehari-hari nantinya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Mobil anda ada keluhan atau masalah?

Konsultasikan permasalahan pada kami!

BENGKEL MOBIL 24 JAM BANDUNG

bengkel mekanik-mobil-panggilan-darurat-bandung-2

klik-disini-bengkel