Mengecek Kampas Rem

60
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Mengecek Kampas Rem0 out of 50 based on 0 voters.


Kita sering melupakan pentingnya akan kampas rem, padahal kampas rem adalah peranti penjamin keselamatan nyawa kita ketika berkendara, yang jika aus fungsi rem kurang optimal. Jika sampai tidak diketahui,

rem bisa blong dan berakibat fatal. Untuk mendeteksinya bisa dilakukan dengan gampang tanpa harus membongkar teromol atau kaliper terlebih dahulu. Bagaimana cara mengetahui tanda-tandanya ?

Berikut adalah cara-cara untuk pengecekan :

  1. Saat kaki menginjak pedal untuk melakukan pengereman, apabila terdengar bunyi-bunyian dan terasa aneh sebaiknya segera diperiksa.
  2. Kalau pedal diinjak makin dalam tandanya kampas sudah menipis, apalagi bila diinjak sampai mentok baru ada reaksi pengereman.
  3. Bila pedal diinjak diikuti dengan bunyi berdecit secara terus-menerus selama pedal rem diinjak, bisa dipastikan kampas rem harus diganti.
  4. Bila roda depan dan belakang ikut bergetar saat pengereman biasanya paku klem yang berfungsi mengikat kampas, dipastikan sudah menyentuh teromol.
  5. Jika dipastikan tanda-tanda tersebut di atas terjadi pada mobil anda, segera bawa mobil anda ke bengkel untuk mengganti kampas remnya agar anda terhindar dari kecelakaan mobil karena rem yang bermasalah.

 

Sumber: Toyota Astra