Membersihkan Teromol Rem Akibat Hujan

210
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Membersihkan Teromol Rem Akibat Hujan0 out of 50 based on 0 voters.



Air yang masuk bercampur debu, pasir dan kotoran akan mengendap jadi lumpur.

Akhir-akhir ini jalanan mulai sering diguyur hujan. Situasi demikian membuatkan air yang bercampur dengan kotoran yang menggenang di jalan mengotori kendaraan anda yang lalu lalang di jalanan. Tak hanya tubuh mobil yang kotor, bagian-bagian kecil seperti tromol rem pun kena cipratan air hujan yang kotor.

Air yang masuk bercampur debu, pasir dan kotoran akan mengendap jadi lumpur. Teromol rem yang kotor akan menyebabkan fungsinya tidak optimal.
Tandanya, rem tak lagi pakem ketika difungsikan. Rem yang selalu bersih akan selalu bekerja dengan baik, dan berumur panjang. Maka itu sering-sering lah bersihkan teromol rem anda di musim hujan ini. Caranya :

  1. Siapkan peralatannya:
    • Obeng min
    • Ampelas
    • Gemuk
    • Kuas
    • Kunci pas
    • Dongkrak mobil
  2. Langkah pertama, dongkrak mobil anda, lalu buka rodanya.
  3. Buka teromol dengan memanfaatkan lubang penarik yang tersedia di setiap teromol dengan baut seukuran lubang itu. Pakai kunci pas untuk memutarnya seperti gerakan mengencangkan baut, sehingga tutup teromol akan lepas dengan sendirinya.
  4. Buka tutup teromol dan bersihkan kotoran yang menumpuk pada permukaan sepatu rem juga debu-debu sisa kampas akibat pengereman.
  5. Gunakan ampelas untuk mengusir debu/pasir/kotoran tersebut secara merata jangan sampai tertinggal.
  6. Halau kotoran dengan angin dari kompresor, atau sapu dengan kuas ukuran sedang pada permukaan sepatu rem dan seluruh bagian teromol.
  7. Oleskan gemuk pada titik-titik antara sepatu rem dan pelatnya untuk mencegah bunyi berdecit saat mobil direm.

Sumber: