Menyegarkan Interior Sepulang Mudik

204
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Menyegarkan Interior Sepulang Mudik0 out of 50 based on 0 voters.



Selamat datang dari mudik tentunya dengan semangat baru setelah di charge ulang dengan kesegaran suasana kampung. Tapi bagaimana dengan mobil anda? Lebih-lebih interiornya setelah menempuh perjalanan berkilo-kilometer jauhnya.

Bila masih ada waktu, ada banyak yang bisa dibersihkan sendiri di rumah, hitung-hitung melemaskan otot-otot yang kaku sepanjang perjalanan. Lagipula bahan dan peralatannya tersedia di rumah. Bisa juga sih menggunakan jasa profesional. Yang penting interior kumal kembali segar.

Mulailah dengan mem-vakum semua debu dan kotoran yang bersarang di kursi dan karpet. Lanjutkan dengan membersihkan dashboard dan panel pintu dan kursi menggunakan lap lembut yang sudah dicelup air hangat.

Meskipun tidak disarankan, cairah pembersih yang biasa dipakai di rumah, juga bisa dipakai menghapus noda-noda bandel. Bila menggunakan cairan pembersih, jangan lupa mencairkannya lebih dulu. Menggunakan cairan pembersih konsentrasi tinggi memang ampuh menghilangkan noda tapi beresiko menghapus pula lapisan pelindung vinyl. Resiko lainnya, merubah warna bahan-bahan plastik.

Kalau ingin aman menggunakan cairah pembersih, cobalah dulu membersihkan bagian-bagian tertentu yang posisinya tersembunyi. Kalau aman baru dipakai di seluruh bagian. Pastikan seluruh pekerjaan diselesaikan dalam satu kali kesempatan. Kebanyakan cairan pembersih aman untuk mobil, tapi tidak ada ruginya untuk selalu melakukan prosedur pengecekan seperti itu guna memperkecil resiko.

Usai membersihkan vinyl dan bagian-bagian plastik, anda bisa gunakan cairan pelindung vinyl/plastik yang banyak dijual dipasaran.

Noda pada upholstery perlu perlakuan khusus agar hasilnya akhirnya terlihat apik. Untuk menghilangkan noda-noda makanan, air dingin terbukti ampuh. Usapkan saja kain yang sudah dibasahi dengan air dingin pada noda makanan. Mulailah dari sisi luar dan terus mengarah ke pusat. Cuci lap setiap selesai digunakan.

Untuk menghilangkan noda-noda lemak seperti yang berasal dari lipstik, kue tar, crayon dll, perlu pembersih khusus yang banyak tersedia di pasaran. Langkah-langkahnya mudah, Sebisa mungkin keriklah dulu noda yang menempel dengan pisau tumpul. Noda yang tersisa diusap dengan lap lembut yang sudah dibasahi cairan pembersih. Seperti biasa, mulailah dari sisi luar dan diteruskan ke pusat. Bagian yang sudah dibersihkan dikeringkan dengan hair dryer. Hati-hati jangan sampai terlalu panas.

Untuk menghapus noda bekas permen karet, gunakan es batu guna membekukan sisa-sisanya. Kerik dengan pisau tumpul dan dilanjutkan seperti membersihkan noda lemak.

Apabila tidak yakin apa penyebab noda yang menempel di interior mobil anda, cara paling aman dibawa ke spesialis perawatan interior.

Setelah interior segar kembali, sempurnakan dengan membersihkan kaca bagian luar maupun dalam dengan menggunakan cairan pembersih kaca. Lumasi pula karet-karetnya dengan larutan silikon agar awet.

Untuk mempertahankan kondisi interior, biasakan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh. Karena mobil yang dijemur pada suhu 35 derajat Celcius, suhu interiornya melesat naik menjadi 50 derajat Celcius dalam waktu 20 menit. Dalam waktu 40 menit, suhunya naik lagi menjadi 65,5 derajat Celcius. Bayangkan betapa tersiksanya material interior mobil anda yang dipanggang setiap saat.

 

Sumber: