Mengemudi Tentram dengan Interior Segar

168
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Mengemudi Tentram dengan Interior Segar0 out of 50 based on 0 voters.


Sebagian pengemudi mobil mengaku, bahwa faktor kenyamanan sebuah mobil tak melulu ditentukan oleh fitur kenyamanan yang mutakhir dan mewah. Secara kasar, kendati mobil Anda adalah sedan saloon premium sekalipun jika nilai kebersihan rendah alias kotor dan berantakan (utamanya ruang kabin atau interiornya), maka bisa dipastikan harapan kenyamanan secara psikologis pun berkurang, malah tak terwujud sama sekali.

Berikut ini cara bagaimana menyegarkan interior mobil:

1. Tentukan waktu

Membersihkan interior sebaiknya dilakukan pada hari libur di pagi hari, antara pukul 07.00 sampai pukul 09.00 di halaman rumah. Alasannya, dapat ditebak. Selain tidak panas, lokasi pun terang.

2. Siapkan alat

Yaitu, lap Chamois, lap katun bersih, sikat kecil, sikat gigi, lap pel bersih, kuas kecil, pembersih interior baik untuk dasbor dan bahan kulit, vacuum cleaner, kemoceng, shampoo, serta ember kecil.

3. Rapikan barang

Keluarkan barang dari kolong jok, dasbor, konsol tengah, door pocket, laci-laci, atau storage penyimpanan lain.

4. Bersihkan dasbor dan trim pintu

Setelah dasbor dan kantung-kantung penyimpanan bebas barang, lakukan pengusiran debu terlebih dahulu dengan kemoceng dan kuas kecil di seluruh permukaan, celah, sisi dasbor, serta door pocket.

Lalu ambil kuas kecil. Saat kuas masih kering, gunakan untuk menyapu sirip-sirip lubang keluarnya udara AC. Biasanya, debu halus dan pekat berdiam di antara celah sirip ini. Sisi-sisi dekat head-unit dan panel indikator lain jangan luput dari sapuan kuas.

5. Racik ramuan pembersih

Racik cairan pembersih jika Anda tidak memiliki cairan pembersih yang ada di pasaran. Cukup gunakan shampoo dan air (sebaiknya air hangat) sebagai cairan pembersih. Tuangkan racikan tersebut ke botol semprot atau ember kecil. Seka dan gosok dasbor mobil Anda dengan lap katun bersih yang telah direndam dan diperas dengan campuran air shampoo. Lakukan secara hati-hati dengan gaya memutar, vertikal, dan horizontal sesuai celah dan kontur permukaan dasbor.

Sebaiknya interval antara menyeka basah, menggosok, dan mengeringkan jangan terlalu lama. Gunanya, agar tidak ada bekas campuran air-shampoo yang mengering (biasanya berwarna putih). Jika ada kotoran yang membandel dan kuas tak mampu mengusirnya, pakailah sikat gigi. Lakukan dengan hati-hati agar tangkai sikat gigi tak menggores lapisan dasbor. Usai dasbor, lakukan hal yang sama pada trim pintu.

6. Bersihkan jok

Jika mobil Anda menggunakan jok berbahan fabric, gunakan vacuum cleaner terlebih dahulu untuk menyedot debu. Setelah itu, gunakan racikan pembersih yang sama, semprot dengan cairan hasil racikan sendiri tadi (tapi jangan terlalu banyak), seka, dan gosok permukaan jok agar debu yang melekat di permukaan terangkat. Jika terdapat noda yang sulit hilang, gunakan sikat gigi dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan pada dasbor dan trim pintu. Setelah itu, keringkan kembali dengan vacuum cleaner.

Jika jok mobil Anda berlapis kulit, lakukan hal yang sama dengan yang berbahan fabric, tapi perlakuan pada bahan kulit mesti lebih hati-hati ketimbang yang berbahan fabric. Demi meningkatkan kualitas, tak ada salahnya gunakan racikan khusus bahan kulit yang banyak beredar di pasaran.

7. Bersihkan plafon

Biasanya, plafon adalah bagian yang luput dari perhatian. Padahal, plafon juga turut berperan pada terciptanya bau aneh pada interior. Pengerjaannya sama dengan yang dilakukan pada jok. Vacuum dulu, jika ada noda sulit hilang seka dan gosok dengan lap chamois basah, gunakan sikat gigi, dan keringkan kembali dengan vacuum cleaner. Ingat jangan menyeka terlalu basah atau menyemprot terlalu banyak. Hal ini dikhawatirkan terjadi kelembaban yang malah mengundang aroma baru tidak menyenangkan.

8. Bersihkan karpet

Lucuti karpet lapisan luar terlebih dahulu. Jika berbahan karet, cukup disiram dengan air. Oleskan sabun dan sikat dengan sikat kecil lalu keringkan. Jika berbahan fabric atau bahan lainnya, dan bila ada noda yang sulit hilang, cukup di-vacuum saja dan gosok seperti Anda menggosok jok. Setelah itu keringkan.

Selanjutnya, sedot debu dengan menggunakan vacuum cleaner pada permukaan karpet bagian dalam. Apabila Anda telah melindungi karpet lapisan dalam dengan karpet berbahan plastik, ambil kain pel, basahi dengan racikan cairan pembersih air-shampoo dan gosok merata ke semua sisi. Sebelumnya, tentu saja di-vacuum dahulu agar butir pasir dan debu tersedot secara maksimal.

9. Bersihkan kaca bagian dalam

Noda minyak yang berasal dari tangan, debu, dan jamur biasanya melekat di kaca bagian dalam. Selain tidak enak dilihat dan mengganggu pandangan depan (khusus untuk kaca depan) noda-noda itu pun tak menutup kemungkinan menyumbang aroma tak sedap dalam kabin.

Semprot dan seka kaca dengan air murni saja dahulu. Tidak usah dicampur apa-apa. Jika noda minyak sulit hilang, baru oleskan cairan pembersih pada bagian yang ternoda saja dan gosok dengan gaya memutar. Segera keringkan dengan lap katun bersih sebelum mengering secara alamiah.

10. Semprot dengan pewangi

Kalau yang satu ini masalah selera. Ada yang suka memakai parfum mobil, atau hanya menyemprotkan pewangi beraroma buah dan bunga sesekali dan seperlunya saja. Namun, ada juga yang tidak ingin kabinnya penuh dengan wewangian sintetis alias natural saja. Belakangan, ada yang doyan meletakkan bunga-bunga kering dan kulit buah kering sebagai penebar aroma. Katanya lebih alamiah. Selamat menikmati interior lebih segar.

 

 

Sumber: