Gas Buang Kendaraan Jadi Hitam

100
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Gas Buang Kendaraan Jadi Hitam0 out of 50 based on 0 voters.


Gas buang yang keluar dari knalpot bila berwarna hitam memang menyebalkan, selain meningkatkan polusi udara juga akan menimbulkan gangguan di sekelilingnya. Biasanya hal itu diikuti oleh keadaan mesin yang tidak baik,

kalau pedal gas dipijak, putaran mesin akan naik dan sementara itu tercium bau bensin. Sebab utamanya adalah karena campuran bahan bakar dan udara yang terlalu kaya, sehingga tidak dapat terbakar sempurna. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan keadaan tersebut :

  1. Saringan udara tersumbat.
    Pada waktu mesin bekerja bukalah saringan udara atau elemennya saja. Apabila dengan jalan tersebut putaran mesin bertambah tinggi, sementara gas buang tidak lagi berwarna hitam, maka hal tersebut menunjukkan bahwa sebab terjadinya gas buang yang hitam adalah karena saringan udaranya atau elemennya tersumbat.
  2. Katup udara tertutup.
    Apabila katup udara tidak terbuka penuh pada waktu mesin sudah panas, maka akan terjadi campuran bahan bakar-udara kaya. Untuk memeriksa hal tersebut, bukalah saringan udara dan lihatlah karburator dari sebelah atas. Apabila katup udara tidak terbuka penuh, perbaikilah kedudukannya.
  3. Karburator rusak.
    Apabila karburator rusak, maka bahan bakar akan mengalir ke dalam silinder dalam jumlah yang terlampau banyak. Karburator yang banjir juga menyebabkan gas buang berwarna hitam. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya bawalah kendaraan anda ke bengkel untuk diperbaiki.

 

Sumber: