Bila Ban Anda Kempes 2

88
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Bila Ban Anda Kempes 20 out of 50 based on 0 voters.


6- Setelah memastikan tidak ada lagi penumpang yang berada dalam kendaraan, angkatlah kendaraan secukupnya sehingga ban cadangan dapat dipasang

 

Posisi memasang ban cadangan, anda perlu mengangkat lebih tinggi dibandingkan dengan saat anda melepas ban yang kempes.Untuk mengangkat kendaraan, masukkan sambungan handel dongkrak ke dalam dongkrak, kemudian putar searah jarum jam dengan handel. Saat dongkrak menyentuh kendaraan dan mulai mengangkatnya, periksa kembali apakah posisinya sudah benar.

PERHATIAN

Jangan sesekali masuk ke kolong kendaraan, jika kendaraan hanya ditopang dengan dongkrak saja.

7- Lepas Mur Roda dan Ganti Ban

Angkat ban yang kempes lurus ke atas dan tariklah menyamping.

Gelindingkan roda cadangan ke posisinya dan tepatkan lubang pada roda dengan baut-baut roda. Angkat roda dan masukkan sekurang-kurangnya baut yang paling atas terlebih dahulu. Gerakkan roda dan tekan terhadap baut yang lainnya.

Sebelum memasang roda, bersihkan karat yang menempel pada permukaan pemasangan dengan sikat kawat atau sejenisnya. Pemasangan roda tanpa kontak metal dengan metal secara baik di permukaan pemasangannya dapat berakibat mengendurnya mur roda dan bahkan dapat menyebabkan roda terlepas pada saat kendaraan sedang meluncur.

Untuk itu setelah jarak tempuh sekitar 1.600 km pertama, cek kembali bahwa mur roda kencang.

8- Pasang Kembali Semua Mur

Pasang kembali mur roda (bagian yang tirus menghadap ke dalam) dan kencangkanlah semuanya sekuat tangan anda. Dorong roda ke dalam dan kencangkan kembali mur-mur tersebut.

9- Turunkan Kendaraan dan Kencangkan Mur

Untuk menurunkan kendaraan, putar sambungan handle dongkrak berlawanan arah jarum jam dengan handle sambil memastikan agar handle tetap terikat pada sambungan handle dongkrak.

Gunakan hanya kunci mur roda saja untuk mengencangkan. Jangan menggunakan alat lain atau sambungan tambahan, selain tangan anda (misalnya palu, pipa ataupun kaki anda). Pastikan bahwa kunci roda terkait dengan sempurna pada mur roda.

Kencangkan mur roda sedikit demi sedikit dengan urutan seperti pada gambar. Ulangi prosesnya sampai semua mur kencang.

PERHATIAN

Saat menurunkan kendaraan, pastikan seluruh bagian tubuh anda dan orang lain yang berada di sekitarnya tidak terluka saat kendaraan diturunkan dengan dongkrak.

10- Pasangkan Kembali Dop (Ornamen) Roda

Pasang ornamen roda pada posisinya dan pukullah sedikit dengan sisi atau tumit tangan anda, agar masuk pada tempatnya.

PERHATIAN
Berhati-hatilah dalam mengangai dop roda untuk mencegah terjadinya luka yang tidak diinginkan pada seseorang.

Sumber: