Hal-hal Penting Dalam Menjalankan Kendaraan Baru

81
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Hal-hal Penting Dalam Menjalankan Kendaraan Baru0 out of 50 based on 0 voters.


Memiliki mobil baru tentu anda ingin segera mengemudikannya. Namun jangan karena terlalu semangat anda melupakan beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam menjalankan kendaraan baru.

Jika anda menjalankan kendaraan yang masih baru dengan hati-hati dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pabrik pembuatnya maka kendaraan anda akan berada dalam kondisi yang sebaik-baiknya tentu saja diikuti oleh perawatan berkala secara rutin. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan kendaraan baru :

  1. Untuk 3.000 km pertama kendaraan harus dijalankan dengan cara-cara yang khusus atau biasa disebut running-in.
  2. Bacalah dengan seksama buku petunjuk menjalankan kendaraan yang diberikan oleh pabrik pembuatnya dan laksanakan saat menjalankan kendaraan.
  3. Sebelum menjalankan kendaraan, panaskanlah mesin terlebih dahulu, jangan menjalankan kendaraan dengan tiba-tiba, jangan mengadakan akselerasi dan jangan mengerem dengan tiba-tiba.
  4. Janganlah bekerja pada putaran mesin yang terlampau tinggi. Sebaiknya diusahakan agar putaran mesin selalu lebih rendah dari 60% putaran mesin maksimum.
  5. Sesudah kendaraan menjalani 1.000 km pertama, gantilah minyak pelumas mesin, minyak pelumas persneling dan roda gigi diferensial.
  6. Sesudah kendaraan menjalani 3.000 km, ada kemungkinan baut-bautnya menjadi kendor. Maka bawalah kendaraan ke bengkel untuk diperiksa dan dikokohkan baut-baut dan sekrupnya. Periksa juga celah bebas katupnya.
  7. Kenalilah kendaraan anda dengan baik sebelum anda menjalankan kendaraan anda dengan kecepatan tinggi karena setiap kendaraan memiliki ciri-ciri yang khas terutama ditinjau dari segi keamanan dan keselamatan dalam perjalanan.

Sumber: Toyota Astra