Kiat Aman Berkendara di Jalan Tol

69
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Kiat Aman Berkendara di Jalan Tol0 out of 50 based on 0 voters.


  • Hentikan kendaraan tepat di samping petugas gardu tol. Pada sistem terbuka, serahkanlah uang tunai sesuai tarif. Pada sistem tertutup, anda akan mendapatkan kartu tanda masuk di gerbang masuk dan di gerbang keluar serahkanlah uang dan kartu tanda masuk. Tunggulah petugas memberikan tanda terima serta lampu lajur bertuliskan "Jalan" menyala.

 

    1. Kelancaran di gerbang tol juga tergantung pada anda. Dengan uang pas anda hanya perlu 4 detik untuk transaksi. Untuk pembayaran dengan uang pas ini anda dapat memasuki Gardu Tanpa Uang Kembalian (uang pas) dan langganan. Apabila anda masuk Gardu Tanpa Uang Kembalian tetapi membayar tidak dengan uang pas, anda akan diberi resi tanda terima oleh petugas di gardu dan diminta mengambil uang kembalian di tempat khusus yang disediakan.

 

    1. Lebih hemat dengan karcis langganan tol. Di beberapa ruas jalan tol anda dapat menggunakan fasilitas karcis langganan dengan mendapat diskon 10%. Pembelian karcis langganan minimal 10 lembar.

 

  1. Apabila karcis tanda masuk hilang/rusak, maka anda diwajibkan membayar 2(dua) kali tarif tol jarak terjauh pada ruas itu.

 

Sumber: Toyota Astra