Suzuki Siapkan Mobil Murah di Indonesia

40
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Suzuki Siapkan Mobil Murah di Indonesia0 out of 50 based on 0 voters.


Produsen berlogo 'S' ini menilai mobil murah (LCGC) lebih efektif ketimbang mobil hybrid.

Suzuki ConceptSuzuki Sales Mobil (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia mengaku siap mengikuti program mobil murah atau low cost and green car (LCGC).


Produsen berlogo 'S' ini menilai mobil murah (LCGC) lebih efektif ketimbang mobil hybrid. "Meski nantinya disubsidi, cost mobil Hybrid masih sangat tinggi. Tapi kalau mau lebih gampang dan efektif, ya LCGC atau konverter kit untuk mobil gas," kata Direktur Marketing PT SIS, Endro Nugroho.

Menurutnya, saat ini belum banyak produsen mobil yang sanggup menghadirkan mobil hybrid. Belum lagi diperlukan edukasi ke masyarakat mengenai teknologi mobil hybrid. "Saya kira masih cukup lama untuk mobil Hybrid," kata dia.

Lebih lanjut, kata Endro, keseriusan Suzuki menggarap mobil murah dibuktikan dengan menambah 30 outlet tahun ini di tanah air, sehingga total outlet mencapai 250 unit.

Menurutnya ketika mobil murah tersebut diproduksi, Suzuki akan banyak membutuhkan outlet-outlet dan jaringan. Karenanya PT SIS menambah beberapa outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sangat ditanya apa mobil murah yang disiapkan Suzuki di Indonesia? Endro belum bersedia mengungkapnya. "Kita lihat saja nanti," kata dia.

Sebelumnya Suzuki telah memperkenalkan dua model yang ditenggarai menjadi calon mobil murah di Indonesia. Kedua model itu adalah jenis city car, yakni Suzuki ALto dan Concept-G.

Suzuki Alto memang telah dirilis di India dengan banderol sekitar Rp46 juta. Mobil yang diklaim hanya membutuhkan bensin 19,73 km/liter dipersenjatai mesin berkapasitas 796 cc bertenaga 47 hp pada 6.200 rpm, serta torsi 62 Nm pada 3.000 rpm.

Sedangkan Suzuki Concept-G hadir dalam bentuk konsep di IIMS 2011. Mobil kecil memang mengambil basis dari Suzuki Alto versi Jepang. Concept-G menggunakan mesin 680 cc. Jika kelak diproduksi massal mobil ini akan dibanderol di bawah Rp100 juta.

Selain serius menggarap mobil murah, Suzuki juga mempersiapkan mobil dengan konverter kit bahan bakar Gas. "Kami sudah berpengalaman dengan mobil BBG, salah satunya di India. Angkutan umum di sana mayoritas pakai gas. Jadi tinggal dimatangkan saja, baru nanti kita luncurkan mobil dengan konverter kit," kata Endro. VIVAnews