Datsun Cross 2018

Dibuat pada Rabu, 24 Januari 2018
577
com_content.article
(1 vote, average 5.00 out of 5)
Datsun Cross 20185.00 out of 50 based on 1 voters.


Datsun Cross 2018 1Datsun Cross 2018 - Nissan Motor Indonesia telah resmi memperkenalkan Datsun Cross dengan mengusung transmisi model CVT. Dengan harga mulai dari Rp 163 jutaan, mobil ini memiliki fitur yang cukup lengkap dengan sistem hiburan multimedia berlayar sentuh, rem dengan bantuan ABS, mempunyai kendali stabilitas. Selain itu, kapasitasnya tetap 5+2 seperti Go+ Panca, dengan posisi kursi depan yang terpisah.

Datsun Go Cross 2018 merupakan jawaban Datsun untuk pasar mobil crossover antara MPV dan SUV. berbasis Datsun Go+ Panca, dengan ditambahkan aksesoris yang membuatnya terlihat gagah dan macho, dan juga menambah ground clearance sehingga tampilannya lebih tinggi. Kapasitas tetap 5+2 seperti Go+ Panca, begitupun dengan mesinnya.

Interior yang dimiliki Datsun Cross terlihat lebih berwibawa ketimbang Datsun LCGC. Meski kualitas materialnya tidak jauh berbeda, tetapi secara desainnya mempunyai lompatan yang lumayan signifikan bagi Datsun.  

Di dashboard, layar monitor multimedia jadi hal yang dominan. Karena ukurannya besar, tuas transmisi tergeser ke bawah dan tidak menyatu dengan dashboard. Datsun memberian sedikit detail yang mengeluarkan aura sporty di bagian sekeliling tuas transmisi ini, berupa aksen carbon.
Datsun Cross Dashboard
Jok depan terpisah, di tengahnya ada tuas rem tangan. Sementara jok belakang masih sama seperti milik Go+ Panca, demikian juga dengan baris ketiga. Karena judulnya adalah mobil compact, maka jangan berharap banyak untuk kelegaan kabin. Terutama baris ketiga ini.

Meskipun banyak kesamaan dengan GO dan GO+, desainer Datsun harus memastikan pembeli mobil ini tidaklah merasakan seperti membeli GO yang mengalami upgrade menjadi versi SUV saja. Apalagi kalau bukan masuk dalam segmen LCGC. Harus ada perbedaan yang cukup signifikan dengan kualitas material dan rakitan yang lebih baik lagi.

Desain depan terlihat mengintimadasi dan terpancar aura ketangguhan sebuah SUV.  Semua itu didapat hanya dengan merubah bumper, memposisikan lamupu kabut lebih ke atas, dan penambahan molding di sisi body.

Tetap menyandang karakter desain Datsun yang telah mudah dikenali dari grille trapezoidalnya yang besar. Berbagai aksesoris penunjang tampilan SUV tampak serasi dengan desain GO Panca. Pelek alloy yang lebih besar dan lebar membuat kesan crossover lebih muncul, meski desainnya bukan selera kami.

Selain di Indonesia, Datsun Cross 2018 juga akan dijual di India. Menurut rumor yang beredar, akan ada dua pilihan mesin untuk GO Cross versi India. Yaitu mesin bensin HR12DE 3-silinder 1,2-liter dan mesin diesel 4-silinder 1,5-liter dCi.

Khusus Indonesia, mesinnya tetap 1,2 liter dengan tiga silinder. Namun seperti dikatakan tadi, Datsun Cross hadir dengan dua pilihan transmisi, Manual 5-speed dan CVT. Uniknya, Datsun memberikan dua output berbeda untuk setiap transmisi. Yang manual memiliki 67 ps, sedangkan versi CVT lebih besar 10 ps.

Bisa dimengerti kenapa harus berbeda begitu. CVT yang sangat halus dalam bekerja, membuat mobil cenderung lambat dalam berakselerasi. Karena itu, untuk mengakalinya, ECU sedikit mendapatkan pengaturan ulang agar mesin bisa mengeluarkan tenaga lebih besar.

Untuk sistem pengereman Datsun Cross dibekali dengan rem cakram di depan, serta tromol di belakang. Tetapi Datsun berbaik hati dengan memberikan fitur ABS agar roda tidak mengunci saat pengereman mendadak, yang akan tetap bisa dikendalikan. Untuk menjaga kestabilan, mobil ini dilengkapi juga dengan VDC (Vehicle Dynamic Control), semacam kontrol stabilitas untuk membantu pengendara mengendalikan mobil. Bagi Anda yang berminat memiliki Datsun Cross silahkan klik Datsun Bandung yang siap melayani Anda setiap saat, atau hubungi 0822 1722 9668

Dilihat: 337