Tips Agar Anak Tidak Rewel di Perjalanan

152
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Tips Agar Anak Tidak Rewel di Perjalanan0 out of 50 based on 0 voters.


Bepergian bersama anak kecil memang sangat menyenangkan. Tingkah lucu dan celetukan cerdas membuat orang tua gembira dan tertawa. Tapi tunggu dulu. Tidak selamanya mereka menyenangkan. Karena anak-anak

cepat bosan. Duduk diam di kursinya masing-masing akan jadi siksaan buat mereka. Bisa ditebak apa yang terjadi kemudian. Rewel, marah, ngambek yang ujung-ujungnya mereka jadi mengganggu.

 

Ada bebeberapa kiat untuk menjaga mood mereka tetap bagus selama perjalanan.

  1. Mainan: Mainan adalah benda ajaib buat anak-anak. Mereka memicu imajinasi dan membawa anak-anak lupa sejenak. Tidak perlu membawa seluruh mainan mereka di rumah. Cukup bawa satu atau dua saja yang mereka sukai dan biarkan imajinasi mereka melaju seiring perjalanan.
  2. Puzzle dan permainan: Ada banyak pilihan puzzle saat ini. Mulai dari yang harganya terjangkau buatan China hingga yang rumit dan mahal. Beli satu atau dua dengan gambar-gambar menarik dan biarkan anak-anak melupakan waktu saat mengutak-atik puzzle. Jika mereka mulai bosan, orang tua bisa kreatif menciptakan suasana baru dengan membuat lomba paling cepat menyusun puzzle. Pilihan lain adalah permainan ular tangga atau monopoli. Bagi yang lebih dewasa, Sudoku juga cukup jitu membuat mereka sibuk.
  3. Buku bacaan: Cocok untuk anak-anak yang sudah mulai bisa membaca. Membawa buku bacaan dengan cerita-cerita menarik akan membuat anak-anak terpaku pada cerita dan suasana mobil akan tenang dan senyap.
  4. Selimut dan bantal: Tergantung jauhnya perjalanan. Bawa bantal dan selimut yang biasa dipakai. Saat anak-anak lelah, bantal dan selimut itu akan membantu mereka tidur nyenyak.
  5. Baju ganti: Anak-anak sulit ditebak. Orangtua tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. membawa baju ganti cukup bijak. Baju yang tertumpah minuman atau makanan atau basah keringat membuat anak tidak nyaman dan perlu diganti. Atau sebaliknya, saat cuaca jadi dingin, baju cadangan bisa membuat mereka lebih hangat. Jangan lupa untuk membawa cadangan popok sekali pakai.
  6. Lap: Ini perangkat wajib yang harus ada saat bersama anak-anak. Bisa lap kain atau tissue basah. Bukan cuma untuk membersihkan anak-anak tapi juga kotoran akibat ulah mereka yang menempel di bagian-bagian mobil seperti kursi, doortrim, karpet bahkan plafon.
  7. Camilan: ini juga wajib ada. Apalagi untuk perjalanan jauh. Anda bisa membawa buah-buahan, minuman segar, termasuk air putih. Kemas dalam wadah mungil sehingga bisa diselipkan di kantong dibelakang sandaran kursi. Minuman bisa dikemas di botol-botol kecil sehingga bisa disimpan di wadah botol di doortrim.
  8. In Car Entertainment: Bila mobil di dilengkapi perangkat ini, manfaatkan untuk menghibur anak dengan lagu-lagu atau film kegemaran mereka.

 

Sumber: